Soedirman’s Nutritional Science Anniversary (Sistein) 2017

Soedirman’s Nutritional Science Anniversary(SISTEIN) merupakan rangkaian kegiatan yang diadakan dalam rangka memperingati hari lahir Program Studi Ilmu Gizi Universitas Jenderal Soedirman. Acara SISTEIN 2017 yang merupakan salah satu program kerja divisi PSDM (Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa) HMPSIG Unsoed, pada kali ini bertemakan “Menggali Memori Kisah Muda dalam Kebahagiaan”  dan berlangsung dari tanggal 10 November sampai 1 Desember 2017. Adapun rangkaian kegiatan dari SISTEIN adalah Nutritionist Competition (Nutricom), Nutritionist Days Out (NDO), Jalan Sehat Bersama, Donor Darah, Tasyakuran, dan Malam Puncak SISTEIN 2017.

Nutritionist Competition (Nutricom) adalah kegiatan perlombaan secara online yang ditujukan kepada seluruh mahsiswa dan masyarakat umum di Indonesia yang berlangsung pada bulan November 2017.  Pada kompetisi ini, dilakukan perlombaan poster, Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) dan Cooking Video Competition (CoViCo), dimana pemenang lomba telah diumumkan pada malam puncak SISTEIN.

Selanjutnya, rangkaian dari SISTEIN adalah kegiatan Nutritionist Days Out (NDO). Kegiatan ini diselenggarakan sebagai ajang perlombaan minat dan bakat bagi mahasiswa Ilmu Gizi Unsoed dan berlangsung selama dua hari, yaitu pada Jum’at dan Sabtu, tanggal 10 - 11 November 2017.  Pada NDO hari pertama, dilaksanakan beberapa jenis lomba seperti, lomba menyanyi, musikalisasi puisi, akting, poster dan fotografi yang diikuti oleh mahasiswa ilmu gizi angkatan 2015, 2016, dan 2017.  Adapun pada hari kedua, dilaksanakan beberapa lomba lainnya seperti lomba memasak,  futsal, badminton, dan lomba estafet.

Bersamaan dengan kegiatan NDO di hari kedua, tanggal 11 November 2017 telah dilaksanakan acara Jalan Sehat Bersama yang diikuti oleh sivitas akademika Prodi Ilmu Gizi Unsoed, baik mahasiswa, dosen, maupun karyawan. Pada acara jalan sehat juga dilakukan pembagian doorprize dan bagi-bagi makanan untuk peserta yang mengikuti jalan sehat.

Rangkaian kegiatan SISTEIN selanjutnya adalah Donor Darah. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Unsoed pada tanggal 20 November 2017. Acara ini diselenggarakan bekerja sama dengan PMI Kabupaten Banyumas dan diikuti oleh Mahasiswa Unsoed dan masyarakat umum.

Rangkaian acara berikutnya adalah Tasyakuran. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai ungkapan syukur atas keberadaan Program Studi Ilmu Gizi Unsoed hingga hari ini serta sebagai bentuk mendekatkan diri kepada Sang Maha Kuasa. Acara ini berlangsung pada Jum’at, 24 November 2017dan diikuti oleh seluruh sivitas akademika Prodi Ilmu Gizi Unsoed. Acara diawali dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua Program Studi Ilmu Gizi, Ibu Dyah Umiyarni, P,SKM.,M.Si, lalu dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci alqur’an, pembacaan surah alqur’an secara bersama-sama dan ceramah yang dipimpin oleh ustad Ikhsan. 

Akhir dari rangkaian kegiatan SISTEIN 2017 ini adalah malam puncak SISTEIN yang dilaksanakan pada Jumat, 1 Desember 2017 di Gedung Soemardjito Universitas Jenderal Soedirman. Acara malam puncak dibuka dengan penampilan kontestan para pemenang NDO, penampilan dari mahasiswa angkatan 2015, 2016, dan 2017,

Penampilan bintang tamu dari Kentongan Do Re Mi Banyumas, pengumuman dan pemberian hadiah pemenang NDO dan  Nutritionist Competition (Nutricom).

Pada acara ini diberikan penghargaan bagi dosen dan karyawan berprestasi. Dosen yang paling Ontime diberikan pada: Dr. Hery Winarsi, MS. Dosen yang paling tidak terlupakan pada Ibu Erna Kusuma Wati, SKM, MSi , Dosen yang paling asik pada Hesti Permatasari, S.Gz, M.Gizi dan Dosen Paling Hits pada Dika Betaditya, S.Gz, M.Ph, dan Karyawan paling Terpanutan pada Kartika Rini, A.Md. 

Acara ini dilengkapi dengan  pemotongan kue ulang tahun secara simbolis oleh Kaprodi. Acara malam puncak kemudian ditutup oleh penampilan guest star internal dari kolaborasi mahasiswa Prodi PJKR Band dengan mahasiswa ilmu gizi.

Maju terus Program Studi Ilmu Gizi!