Pengantar Nutrigenomik Dalam Guest Lecture Prodi Ilmu Gizi

Pada Rabu, 22 November 2017 Prodi Ilmu Gizi FIKes Unsoed mengadakan Guest Lecture dengan Topik “Pengantar Nutrigenomik”. Acara yang diisi oleh Dian Caturini Sulistyoningrum, B.Sc., M.Sc yang merupakan dosen di Departemen Gizi dan Kesehatan UGM ini adalah bagian dari Mata Kuliah Isu Mutakhir dan Kontroversi Dalam Gizi. Pemateri merupakan alumni S1 dan S2 British Columbia University, Canada dengan konsentrasi riset bidang nutrigenomik kaitannya dengan gizi dan penyakit kronis.

Acara berlangsung pada pukul 08.30 dan selesai pada pukul 11.00 dengan pembawa acara sekaligus moderator Afina Rachma Sulistyaning, S.Gz., M.Sc, dan dibuka oleh Ketua Prodi Gizi Dyah Umiyarni Purnamasari, SKM., M.Si. Peserta guest lecture adalah mahasiswa Prodi Gizi semester 3 dan 5, beserta dosen. Pada kesempatan ini Ibu Dyah Umiyarni Purnamasari memberikan kenang-kenangan bukunya yang berjudul: 9 Secret of Women kepada pemateri. 

Agenda ini diadakan sebagai program tahunan dari Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan kepada setiap prodi, dengan tujuan untuk meningkatkan wawasan dan keilmuan para peserta didik maupun para tenaga pendidik dengan cara sharing wawasan dan ilmu dengan dosen atau praktisi dari luar Unsoed.

Tujuan pembelajaran dari Guest Lecture “Pengantar Nutrigenomik” ini adalah,

  1. Memahami dasar nutrigenomik
  2. Memahami single-gene nutrigenomik-nutrigenetik
  3. Memahami contoh nutrigenomik dalam kaitan dengan penyakit kronis: kanker dan kardiovaskular
  4. Memahami peran nutrigenomik dalam praktek kegizian

Dian Caturini dalam guest lecture-nya menyatakan pentingnya ahli gizi mempelajari nutrigenomik adalah agar dapat membuat preskripsi diet yang lebih tepat untuk setiap klien atau pasien yang ditangani, karena seberapa jauh diet mempengaruhi keseimbangan antara status sehat dan sakit pada seseorang bergantung pada genotip pada masing-masing individu. Guest Lecture diikuti dengan sangat antusias oleh para mahasiswa, terbukti ketika dibuka sesi pertanyaan, banyak mahasiswa yang coba mengajukan pertanyaan, hingga sesi tanya jawab harus dibuka menjadi dua termin. Beberapa pertanyaan yang diajukan diantaranya adalah kaitan makanan dengan mudah gemuk dan tidaknya seseorang, pengaruh makanan dengan kondisi alergi, serta terkait penelitian nutrigenomik dalam bidang gizi yang sudah dilakukan. Kesimpulan dari guest lecture ini adalah,

1.      Nutrigenomik memberikan informasi terkait bagaimana diet (lingkungan) dan genotip berinteraksi dalam mempengaruhi fenotip

2.      Aplikasi praktis dari nutrigenomik untuk penyakit kronis komplek seperti penyakit jantung dan kanker adalah ilmu yang terus berkembang dan saat ini penggunaan uji nutrigenetik dalam memberikan konseling diet masih belum siap untuk digunakan secara rutin pada prakteknya

3.      Ahli gizi seyogyanya memiliki kompetensi dasar terkait ilmu genetika sebagai pondasi untuk memahami nutrigenomik.

Di akhir acara diberikan kenang-kenangan oleh Ketua Panitia yaitu Farida, S.Gz, M.PH, dilanjutkan foto bersama pemateri dengan para dosen yang hadir.

 

Diharapkan kegiatan ini selain menambah ilmu dan wawasan juga dapat sebagai sarana kerjasama antara Program studi ilmu gizi Unsoed dan Program Studi Gizi Kesehatan UGM.