Pendidikan Sarapan Sehat 2018, Kerjasama Prodi Ilmu Gizi Unsoed, Pergizi Pangan dan Indofood

Program studi Ilmu Gizi  Unsoed pada tahun ini dipercaya lagi untuk menyelenggarakan Pendidikan Sarapan Sehat dalam rangka Pekan Sarapan Sehat Nasional.  Saat ini sudah tahun keempat Program Studi Ilmu Gizi mendapat kepercayaan dari Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia (Pergizi) bekerjasama dengan Indofood, dimulai tahun 2015 hingga sekarang. Pada tahun  2018 ini berlangsung pada tanggal 19-21 Juli 2018 pada 5 SD yaitu SD Teluk 1, SD Teluk 4, SD Teluk 5, SD Karangnanas  yang berada di wilayah Kecamatan Purwokerto Selatan dan SD Karangrau,  SD Karangnanas yang berada di Kecamatan Sokaraja.

Sebelum kegiatan pokok, para panitia dari Prodi Ilmu Gizi yang meliputi Dosen serta mahasiswa fasilitator,  Pergizi dan Indofood aktif melakukan pertemuan dan konsolidasi. Survey dan Perijinan dilakukan di  Dinas pendidikan, Unit Pendidikan di Kecamatan,  Dinas Kesehatan, Puskesmas dan serta pada masing-masing SD lokasi kegiatan.  

Pada tanggal 19 Juli jam 14.00 dilakukan pembekalan fasilitator di kampus Prodi Ilmu Gizi oleh Pergizi Pusat yaitu Prof. Ikeu Tanziha dan Hanifah serta pihak Indofood yang diwakili oleh Bapak Eko. Mahasiswa yang terlibat sebagai fasilitator berjumlah 50 orang, serta 5 orang Dosen penanggung jawab lokasi dan 1 dosen koordinator lapangan. Acara dibuka dengan pengarahan dari Ketua Program Studi Ilmu Gizi Ibu Dyah Umiyarni Purnamasari, SKM, MSi selaku koordinator lapangan.

Selanjutnya dilakukan pengarahan teknis  oleh pihak Indofood

diikuti pengarahan teknis dari Pergizi oleh Hanifa.

Pembekalan materi sarapan sehat  disampaikan oleh   Prof. Ikeu Tanziha. 

Pihak Indofood menjelaskan tentang teknis pelaksanaan, dimana berdasar review dari tahun sebelumnya, maka kegiatan sarapan pada tahun ini dimulai pada pukul 07.00 -09.00 dengan 3 shift pembagian yaitu shift I: 07.00 Shift II: 07.30 dan Shift III: 08.00. Kelas 1 dan kelas 2 ikut dalam Shift I karena tidak dilakukan edukasi sarapan sehat, adapun kelas 3 dan 4 ikut Shift II serta kelas 4 5 dan 6 ikut Shift III karena ada kegiatan edukasi terlebih dahulu. Kecuali SD Karangnanas ada beberapa penyesuaian karena jumlah kelas yang lebih banyak. 

Pada tanggal 20 Juli dilakukan edukasi sarapan sehat pada guru dan orangtua. Edukasi guru dilakukan pada 4 SD, adapun edukasi orangtua hanya dilakukan pada satu SD saja yaitu SD Teluk 5. Edukasi guru pada 5 sekolah dilakukan oleh Dosen penanggung jawab lokasi yaitu SD 1 Teluk oleh Dr. Hery Winarsi, MS.

SD Teluk 4 oleh Atikah Proverawati, SKM., MPH

SD Teluk 5  oleh Ibnu Zaki, S.Gz, M.Gizi.

SD Karangrau oleh Afina Rachma Sulistyaning, S.Gz., M.Sc .

dan SD Karangnanas oleh Farida, S. Gz, M.PH. Adapun edukasi orangtua  di SD 5 Teluk dilakukan oleh Prof. Ikeu Tanziha.

Para peserta edukasi baik guru maupun orangtua sangat antusias menerima materi yang diberikan. Ini terbukti dari pertanyaan-pertanyaan kritis yang mereka lontarkan seputar sarapan sehat dan pola makan anak, seperti  bagaimana tips agar anak mau sarapan,  pemilihan jajanan yang aman untuk anak, dan pertanyaan-pertanyaan lain. Peserta terlihat puas dengan jawaban yang diberikan. Mereka merasa mendapat tambahan banyak ilmu dengan adanya edukasi ini , bahkan sebagian berniat menyebarkan informasi yang diterima pada lingkungan sekitarnya.

Pada tanggal 21 Juli dilakukan acara puncak yaitu kegiatan pendidikan gizi dan sarapan sehat. Untuk kelas 1 dan 2 yang langsung diberikan sarapan, diawali dengan cuci tangan terlebih dahulu.

Selanjutnya diberikan sarapan oleh tim dari Indofood berupa mie goreng dengan telur dan sayur sawi.

 

Untuk kelas yang menerima edukasi diawali dengan pengisian kuesioner tentang pola makan anak.

Dilanjutkan pemberian edukasi dengan media komik, setelah itu baru dilakukan sarapan.

Di akhir kegiatan ada acara penyerahan bantuan mie oleh pihak Indofood kepada sekolah.

dan penyerahan sertifikat kepada sekolah sebagai lokasi kegiatan.

Sertifikat juga diberikan kepada Program Studi Ilmu Gizi sebagai penyelenggara kegiatan oleh Pergizi.

Kegiatan Sarapan Sehat di lokasi kota Purwokerto ini berjalan lancar dan sukses dengan membawa kemanfaatan bagi banyak pihak. Semoga kegiatan ini dapat terus berlanjut setiap tahunnya dengan kerjasama yang lebih baik lagi antara Prodi Ilmu Gizi, Pergizi dan Indofood **