Pembentukan Ikatan Alumni Prodi Gizi “ GARNIS” dan Tracer Study

Pada tanggal 1 Desember diadakan temu alumni prodi gizi Unsoed bertempat di kampus Prodi Gizi Unsoed. Acara ini merupakan rangkaian kegiatan  Sistein(Soedirman Science Nutritional Anniversary) yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Gizi (HMPSIG) dan Program Studi Ilmu Gizi sebagai institusi.

 Temu alumni ini juga menampilkan Talkshow dengan mendatangkan 3 orang alumni yang sudah bekerja, yaitu Afhan Tolaha yang bekerja di PT Kacang 2 Kelinci, Heppy Diah Apika yang bekerja di Puskesmas Purwokerto Timur I dan Demos Nur Atika yang bekerja di Rumah Sakit Siaga Medika Banyumas. Talk Show ini disambut dengan antusias oleh para mahasiswa yang hadir karena merupakan kesempatan mereka untuk bertanya hal-hal yang berkaitan dengan dunia kerja.

Selanjutnya dilakukan pembentukan ikatan alumni Prodi Gizi yang dipandu oleh dosen prodi gizi yaitu Ibnu Zaki, S.Gz, M.Gizi. Prodi gizi sudah meluluskan 3 angkatan yaitu 2011, 2012, 2013 dengan jumlah alumni sekitar 90 orang dan sudah tersebar di berbagai bidang pekerjaan. Mengingat alumni juga mempunyai kontribusi terhadap perkembangan kemajuan prodi, maka perlu dibentuk sebuah ikatan alumni untuk menguatkan kebersamaan dan kerjasama antar alumni dan prodi gizi unsoed.

Berdasarkan kesepakatan maka dibentuk ikatan alumni dengan nama GARNIS (Keluarga Nutrisionis Soedirman) yang diketuai oleh Afhan Tolaha.

Berita acara pembentukan alumni Prodi Gizi ditandatangan oleh ketua alumni dan ketua program studi ilmu gizi Ibu Dyah Umiyarni Purnamasari, SKM, MSi.

Selanjutnya prodi ilmu gizi juga melakukan tracer study dengan menyebarkan kuesioner yang kemudian diisi oleh para alumni yang hadir. Bagi alumni yang tidak dapat hadir, kuesioner akan dikirimkan lewat email. Kuesioner ini tidak hanya untuk alumni tapi juga bagi stake holder tempat alumni bekerja.

Diharapkan dengan kegiatan ini program studi ilmu gizi bisa mendapatkan umpan balik terhadap proses pembelajaran yang sudah dilakukan dan juga dapat dipergunakan untuk perbaikan pembelajaran di masa depan. Maju terus Prodi Ilmu Gizi Unsoed!