Pemaparan Rencana Pembelajaran dalam Rapat Persiapan Perkuliahan Semester Ganjil 2018/2019 pada Prodi Ilmu Gizi FIKES Unsoed

Pada Hari Kamis, tanggal 26 Juli 2018  jam 10.00 WIB telah dilakukan rapat persiapan semester ganjil 2018/2019 di Program Studi Ilmu Gizi . Rapat ini dihadiri oleh dosen-dosen yang akan mengajar di semester ganjil baik dosen dari Prodi Gizi maupun dosen dari luar prodi.

Hal-hal yang dibahas saat rapat kuliah antara lain tentang kalender akademik, batas akhir unggah nilai dan jadwal kuliah. Setelah rapat umum dilanjutkan dengan pemaparan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) oleh masing-masing tim pengampu mata kuliah yang bersangkutan.

Pemaparan mata kuliah ini penting dilakukan untuk mendapatkan masukan-masukan terkait materi yang diajarkan sehingga mata kuliah yang bersangkutan mendapat pembaharuan materi. Selain itu juga untuk menghindari berulangnya materi yang disampaikan antar mata kuliah.

Dosen yang hadir dikelompokkan dalam 3 ruangan sesuai dengan kedekatan bidang ilmu dan materi yang disampaikan. Banyak hal menarik yang didiskusikan serta masukan dan saran antar peserta. Seperti contohnya pada mata kuliah Isue dan Kontroversi Gizi , pengampu mata kuliah mendapat saran untuk memasukkan trend makanan kekinian, peran media sosial terhadap pemilihan makanan dan makanan-makanan yang dipercaya masyarakat untuk mengobati penyakit.

Pada mata kuliah Metabolisme Energi dosen pengampu mendapat saran untuk lebih menerangkan tentang hasil metabolisme karbohidrat adalah CO2 agar mahasiswa dapat lebih memahami penyakit paru. Pada mata kuliah Gizi Kuliner 1 ada masukan untuk ditambah materi tentang rempah-rempah. Mata kuliah-mata kuliah lain juga mendapat masukan yang berharga dari para peserta pemaparan. Masukan-masukan yang diberikan akan digunakan untuk perbaikan Rencana Pembelajaran semester genap ini.

Dengan adanya rapat kuliah dan pemaparan RPS maka kuliah semester ganjil 2017/2018 di Program Studi Ilmu Gizi sudah dipersiapkan secara terencana dan matang untuk mendapatkan hasil pembelajaran yang optimal dan memuaskan.