Kunjungan Industri oleh HMPSIG UNSOED

Untuk kali pertama, HMPSIG UNSOED mengadakan kunjungan industri ke Pabrik Susu Milba, Karanglewas. Pabrik ini mempunyai usaha pokok dibidang pengolahan susu yang terkenal dikalangan masyarakat luas dan peluang pengembangan usaha yang potensial masih memiliki kesempatan tumbuh dan berkembang menjadi suatu perusahaan Agro Industri berbasis susu dan dikelola secara professional dan inovatif dengan peternak sebagai mitra sejati .
Pengolahan susu dianggap paling komprehensif dalam kaitannya dengan ilmugizi, yang meliputi aspek penerimaan bahan baku dari peternakan, pengolahan, dan siap di konsumsi (from farm to table). Di proses pengolahan susu terdapat aplikasi teknologi pengolahan, pengawasan mutu (quality control), praktek sanitasi dan keamanan pangan, teknologi pengemasan dan penyimpanan, dan manajemen bisnis.
Pabrik pengolahan susu Milba ini memperoleh bahan baku berupa susu segar dari koperasi peternak di beberapa daerah yang ada di Banyumas, yang juga di bawah pembinaan langsung dari pabrik milba itu sendiri. Produk utama yang diproduksi dalam volume paling besar adalah susu pasteurisasi (pasteurized milk) dan yoghurt (set, stirred, dan drink).
Segmen pasar mayoritas dari produk susu Milba adalah business to business (B2B), misalnya melakukan suplai susu pasteurisasi untuk konsumsi karyawan di suatu pabrik. Tentunya produk susu dijual dalam berbagai bentuk yang tersedia di outlet pabrik susu Milba. Kunjungan kali ini banyak dijelaskan bagaimana proses pengolahan susu dengan cara pasteurisasi yang disertai dengan alat yang digunakannya. Selain itu, dijelaskan juga tentang bagaimana menggunakan alat untuk mengetahui komposisi yang ada di dalam susu. Banyak manfaat yang didapatkan dari kunjungan industri tersebut sehingga dapat menambah pengetahuan serta wawasan mengenai pengolahan susu.