Kuliah Umum Pelayanan Gizi Institusi

Jumat, 6 Juni 2014, Progam Studi Ilmu Gizi UNSOED kembali mengadakan kuliah umum bagi seluruh mahasiswanya. Kuliah umum kali ini bertemakan Pelayanan Gizi Institusi : Upaya pencegahan dan Penanggulangan penyakit Infeksi pada Pelayanan Gizi di rumah Sakit yang saat ini menjadi trending topic di kalangan praktisi nutrisionis. Tema ini penting bagi calon nutrisionis, khususnya bagi yang bekerja di Rumah Sakit. Acara kuliah umum ini dibuka langsung oleh Ketua Jurusan Kesehatan Masyarakat UNSOED, Arif Kurniawan S. KM,. M.Kes. Narasumber pada kuliah umum ini adalah Ibu Herni Astuti DCN. MKes (Nutritionist) yang dimana beliau merupakan Kepala Instalasi Gizi RS. Sardjito, Yogyakarta.
 
Materi pertama yang disampaikan adalah Good Manufacturing Food (GMP) atau cara pengolahan makanan yang baik dan benar untuk menghasilkan makanan/produk akhir yang aman, bermutu, memenuhi syarat dan layak dikonsumsi yang dimulai dari pemilihan bahan makanan sampai penyajian makanan kepada konsumen. Materi ini juga menjelaskan tentang higiene dan sanitasi pada makanan. Higiene dan sanitasi pada makanan ini sangatlah penting guna mencegah makanan dan minuman dari bahaya yang dapat mengganggu kesehatan.
 
Materi kedua yang disampaikan adalah Pencegahan dan Pengendalian Infeksi pada Pelayanan Makanan. Bahasan tema ini meliputi pencegahan dan pengendalian infeksi pada pelayanan makanan, cara menyusun spesifikasi bahan makanan, pembelian bahan makanan, penerimaan bahan makanan, penyimpanan bahan makanan, persiapan makanan, pemasakan makanan, distribusi makanan, penyajian makanan, pembuangan sampah sisa makanan, pencucian alat, penyimpanan bahan dan alat kebersihan, pemeriksaan keamanan makanan, pengelolaan penjamah makanan. (Ajeng, Mahasiswa Ilmu Gizi Angkatan 2012)