Konsultasi Gizi Oleh Program Studi Ilmu Gizi Pada Expo Unsoed 2017

Mengangkat tema “Fikes Yang Muda, Fikes Yang Berakhlak, Fikes Yang Pekerja, Fikes Yang Berjaya” Fakultas Ilmu -Ilmu Kesehatan Universitas Jenderal Soedirman membuka stand di UNSOED Expo 2017 yang berlangsung selama tiga hari (16-18 November 2017) di Auditorium Graha Widyatama UNSOED. UNSOED Expo 2017 merupakan rangkaian terakhir Dies Natalis Universitas Jenderal Soedirman yang ke-54, dengan tema “Membangun Generasi Kreatif dan Berdaya Saing”.

Momentum ini dimanfaatkan oleh Fikes sebagai ajang pengabdian pada masyarakat dan memperkenalkan Fikes pada khalayak masyarakat umum. Pada kesempatan kali ini Fikes memberikan pelayanan gratis yang mencerminkan Jurusan/Program Studi dilingkungan Fikes seperti pemeriksanaan tekanan darah, pemeriksaan kadar kolesterol, asam urat, gula darah dan konsultasi perawatan luka oleh Jurusan Keperawatn, konsultasi dan penyuluhan promosi kesehatan, konsultasi kesehatan kerja serta kesehatan sanitasi dari Jurusan Kesehatan Masyarakat, Jurusan Farmasi memberikan konsultasi penggunaan obat, sport masase dan tes kelenturan otot di berikan oleh Prodi PJKR

Pada kesempatan ini Prodi Ilmu Gizi turut berpartisipasi memberikan pelayanan konsultais gizi, pengukuran persen lemak tubuh menggunakan BIA, pengukuran tinggi badan, berat badan, lingkar lengan atas.

Pelayanan konsultasi Prodi Ilmu Gizi diberikan oleh para dosen dan mahasiswa.

Dosen prodi gizi yang terlibat yaitu Afina Rachma Sulistyaning S.Gz., M.Sc., Dika Betha Ditya S,Gz., MPH, Ibnu Zaki S.Gz., M.Gizi, Munasib S.Pd.I., M.Pd.I.

Alur pelayanan yang diberikan oleh Prodi Ilmu Gizi diawali dengan pengukuran status gizi meliputi tinggi badan, berat badan, lingkar lengan atas (bagi pengunjung Wanita Usia Subur), pemeriksaan kadar kolesterol, asam urat, gula darah oleh jurusan keperawatan kemudian hasil pengukuran dan pemeriksaan dikonsultasikan di meja konsultasi gizi.  

Tercatat pengunjung stand fikes sebanyak kurang lebih 602 pengunjung dari berbagai umur. Mulai dari siswa SMA sampai para Lansia. Permasalahan – permasalahan gizi yang dihadapi juga beragam. Rata-rata pengunjung siswa SMA dan Mahasiswa cenderung memiliki masalah dalam penurunan dan peningkatan berat badan. Sebagian dari mereka merasa berat badan terlalu besar dan menginginkan berat badan yang terlihat ideal, bagi laki-laki cenderung menginginkan tubuh yang lebih atletis.

Kelompok pengunjung dewasa cenderung permasalahannya berkaitan dengan asam urat, dan kadar kolesterol darah terlalu tinggi, sehingga konsultasi yang diberikan berkaitan dengan pengelolaan makanan yang sesuai dengan permasalahan pengunjung.

Partisipasi Prodi Ilmu Gizi dalam UNSOED Expo 2017 ini merupakan bagian dari bentuk sumbangsih Prodi Ilmu Gizi terhadap perbaikan status gizi masyarakat.

Maju Terus Pantang Mundur, Tak Kenal Menyerah!